Cara Cerdas Berinvestasi Reksadana Campuran Pahami Seksama
NPWP
NPWP

Cara Membuat NPWP untuk Pengusaha UMKM

Cara Membuat NPWP untuk Pengusaha UMKM adalah bagi yang mempunyai bisnis UMKM dan fungsi untuk membayar pajak kepada warga negara Indonesia NPWP.

Pajak Wajib bayar untuk perorangan dan bisnis usaha yang anda miliki wajib pajak, sebagai warga negara yang baik pasti anda memiliki kewajiban untuk perlu membayar pajak.

Cara Membuat NPWP sangat di perlukan untuk pengusaha ketika anda membuka bisnis UMKM bagi yang sedang merintis usaha anda wajib mempunyai NPWP Usaha Dagang UMKM.

Ketika anda sudah membuat NPWP akan diberikan Nomor NPWP untuk proses administrasi data anda yang sesuai akan terkena wajib pajak.

Cara Membuat NPWP untuk Pengusaha UMKM
Cara Membuat NPWP untuk Pengusaha UMKM

Apa Itu NPWP?

Cara Membuat NPWP UMKM adalah kepentingan administrasi pajak peraturan tentang NPWP yang sudah terdiatur dalam Undang-Undang Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2018.

NPWP terdiri dari Nomor 15 digit Dan nomor 9 digit pertama kode wajib pajak dan juga 3 digit kode administrasi kantor wajib pajak 3 digit kode yaitu status admin wajib pajak pusat atau cabang yang sudah tertera pada surat NPWP Online.

Sedangkan NPWP UMKM pengusaha micro dikenakan tarif pajak sebanyak 1% wajib dimiliki oleh seorang perusahaan atau badan usaha di Indonesia yang memiliki penghasilan.

Terdapat 2 jenis NPWP Nomor Pokok Wajib Pajak

  • NPWP Pribadi
  • NPWP Badan

Cara Membuat NPWP Bagi memiliki umur 18 tahun lebih individu dewasa yang sudah memiliki penghasilan sebagai identitas untuk memenuhi hak dan kewajiban perpajakan. Bagi anda yang memiliki usaha UMKM atau lain anda bisa melihat file PDF pada bawah ini:

Fungsi Membuat NPWP untuk UMKM

Fungsi Membuat NPWP untuk UMKM
Fungsi Membuat NPWP untuk UMKM

NPWP usaha wajib memiliki sesuai dengan aturan negara karena pemerintah memang memangkas keuntungan dari penjual anda sampai PPh Final dari 1% menjadi 0,5% mengapa dipotong sekitar 1% sampai 0,5% bertujuan membantu bisnis UMKM terus agar berkembang.

1. Syarat Administrasi

NPWP adalah syarat administrasi bila kalian semua ingin membuat rekening khusus kepada perusahaan anda yang sesuai nama perusahaan ini sangat bisa untuk meningkatkan kerja atau badan usaha dan memiliki usaha UMKM yang kamu jalankan saat ini.

Pihak bank saat pembuatan rekening nama usaha anda akan di minta untuk melampirkan surat ijin usaha yaitu NPWP atau lainnya, selain itu anda bisa mengajukan kredit usaha ke bank.

2. Pengajuan Surat Izin Usaha Perdagangan

Pengajuan untuk surat izin usaha perdagangan atau UMKM anda harus memiliki surat dokumen Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan melampirkan dokumen NPWP untuk mengawali anda membangun bisnis UMKM anda berjalan dengan lancar tidak ada kendala saat pengecekan surat ijin usaha.

SIUP ini sangat penting untuk perdagangan anda semua saat expor atau import anda harus mempunyai surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Sebagai landasan hukum usaha yang sah saat berbisnis. Program SIUP yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia.

Untuk pemprosesan pembuatan surat Izin Perdagangan (SIUP) anda bisa mengurusnya pada kantor perdagangan pada kantor anda yaitu Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu.

3. Tarif Pajak Lebih Rendah

Pemilik usaha kepada UMKM sekitar 20% saat ditarif pajak bisa lebih rendah dari pada yang belum mempunyai kartu NPWP.

Jika anda ingin melakukan penurunan pajak usaha yang terlalu besar anda bisa ajukan kembali mengisi form yang sesuai. Jika anda belum mempunyai NPWP anda belum bisa untuk menurunkan pajak NPWP kalian.

4. Administrasi Pajak

Jika anda sudah mempunyai Kartu NPWP anda harus membuat laporan setiap tahunnya dalam penghasilannya dan wajib bayar pajak yaitu setahun sekali, jika anda melanggarnya akan dikenakan denda kepada pemilik usaha.

Ketika anda mau membayar bayar pajak anda harus menunjukkan nomor kartu NPWP sebagai data persyaratan administrasi utama untuk laporan sudah membayar pajak dan belum membayar pajak wajib.

Jadi kartu NPWP anda harus dibawa ketika anda membayar pajaknya, dan jangan sampai hilang kesalahan kita sendiri ini salah satu persyaratan NPWP.

Manfaat Mengajukan NPWP UMKM

Setelah memahami semua fungsi kartu NPWP sebagai persyaratannya sebagai identitas wajib pajak memenuhi syarat, anda bisa meminta bantuan kepada DJP layanan online Kring Pajak 1500200.

1. Mengurus Restitusi Pajak

Restitusi pajak adalah pengembalian kelebihan dana pajak, karena adanya kesalahan pahaman pada saat perhitungan, perubahan, dan sebagainya.

Anda bisa mengadu pihak kepada pegawainya, Kantor perpajakan secara langsung yang terdekat tempat tinggal anda kantor atau cabang kementerian keuangan direktorat jenderal pajak.

2. Mencegah Denda

Untuk mencegah denda pada NPWP anda harus anda kamu harus rutin membayar pajak jangan sampai terlambat karena jika anda terlambat akan dikenakan sanksi.

Maka anda harus tanyakan kepada teller NPWP agar tidak terlambat untuk membayar pajak anda bisa telephone DJP layanan online Kring Pajak 1500200 terlebih dahulu untuk mengatisipasi keterlambatan, agar tidak terkena denda.

3. Fungsi Anggaran (Budgetair)

Bagi masyarakat yang teladan untuk membayar pajak Dana anda akan dialokasikan ke sumber negara pembayaran yang akan perdigunakan untuk membiayai:

  • Pengeluaran Negara.
  • Pembangunan.
  • Pemeliharaan.
  • Kesejahteraan Masyarakat.
  • Dan lain-lain Untuk Negara.

Maka kenapa anda harus membayar pajak wajib ini akan menguntungkan untuk semua masyarakat, membantu perbaikan negara di berbagai sektor.

4. Fungsi Redistribusi Pendapatan

Pendapatan negara atau kota yaitu dari perpajak akan digunakan untuk berbagai sektor seperti untuk pembangunan termasuk dan membuka kesempatan kerja meningkatkan pendapatan dan membuat peluang masyarakat lebih sejahtera.

Masih ada banyak berbagai fungsi yang bermanfaat dana yang mendaftar NPWP kewajiban pajak yang berguna negara dan masyarakat tentunya maka anda harus taati setiap pembayaran pajak untuk negara.

1. Syarat Cara Membuat NPWP

Syarat Cara Membuat NPWP
Syarat Cara Membuat NPWP

Cara Membuat NPWP dan Syarat untuk pembuatan NPWP ada 3 jenis untuk usaha masing-masing memiliki kriteria berbeda-beda maka anda sebelum mendaftarkan anda harus sesuaikan jenis apa yang anda ajukan untuk mendaftakan NPWP.

Anda bisa membuat NPWP yaitu profit oriented dan nonprofit oriented, inilah persyaratan untuk pengusaha UMKM yang harus dilengkapi dokumennya apabila anda mempunyai keinginan mengajukan pembuatan NPWP. Karena seorang pengusaha UMKM masuk pada kelompok usaha profit oriented.

1. Syarat NPWP Untuk UMKM Wirausaha

  • Harus Warga Indonesia Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  • Surat Pernyataan Yang Diatas Materai Rp 6.000 (Enam Ribu Rupiah).
  • SKU (Surat Keterangan Usaha) Kepada Desa/Lurah Bukti Tagihan Listrik.
  • Khusus WNA (Warga Negara Asing) Fotokopi KITAP, Fotokopi Paspor dan Kartu Izin Tinggal.

2. Syarat NPWP Untuk Karyawan Pekerja Kantoran

  • Harus Warga Indonesia WNI Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Surat Keterangan Kerja Dari Perusahaan Yang Anda Bekerja
  • Surat Keputusan Bagai Pegawai Negeri
  • Khusus WNA (Warga Negara Asing) Fotokopi KITAP, Fotokopi Paspor dan Kartu Izin Tinggal.

3. Syarat NPWP Untuk Wanita Yang Sudah Menikah

  • Harus Warga Indonesia WNI, Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga).
  • Fotokopi NPWP Suami.
  • Khusus WNA (Warga Negara Asing) fotokopi dokumen perpajakan (KITAS/KITAP)
  • Suami WNA, fotokopi dokumen Perpajakan Luar Negeri
  • Surat Keterangan Perusahaan Kerja
  • Surat Perjanjian Pemisahan Harta Dan Penghasilan Yang Dikehendaki Oleh Kedua Belah Pihak.

Cara Membuat NPWP Untuk UMKM

Silakan Simak bagaimana cara membuat NPWP Secara online sebagai berikut ini:

  1. Buka Halaman Website resmi pajak https://ereg.pajak.go.id/login.
  2. Dashboard Pendaftaran NPWP Secara Online.
  3. Klik menu “Daftar” bagi Yang Belum Punya Akun NPWP
  4. Pendaftaran Akun Masukan Email Aktif NPWP Lalu Masukan Captcha.
  5. klik “Daftar” pada bagian bawah warna biru.
  6. Mendapatkan notifikasi Selamat! Terimakasih. Anda telah selesai melakukan langkah 1 dari pendaftaran akun di sistem kami. Selanjutnya silahkan cek email anda (termasuk di folder spam), untuk mendapatkan link untuk melanjutkan langkah 2 dari rangkaian proses pendaftaran akun VERIFIKASI NPWP.
  7. Pendaftaran Akun (Langkah 2 dari 2) Pilih Jenis WP Orang Pribadi, Badan, Masukan Nama, Password, No Handphone Aktif dan Pertanyaan (security akun)
  8. Isi seluruh data sesuai kebutuhan. Klik “daftar” bila sudah selesai.
  9. Formulir registrasi wajib pajak akan dikirimkan, dan kamu harus mencetak lalu mengisinya lengkap dengan tanda tangan.
  10. Masukan lampiran dokumen dan persyaratan yang diminta oleh pihak NPWP.
  11. Pengajuan NPWP untuk UMKM sedang proses. Butuh waktu sekitar 5 Hari jam kerja.
  12. Bila sudah lengkap akan disetujui oleh pihak NPWP, kartu NPWP akan dikirim sesuai alamat Tinggal, apabila belum disetujui, bacalah keterangan dan lengkapi data.

Penutup

Cara Membuat NPWP Setelah seluruh persyaratan Permohonan Pendaftaran diterima KPP NPWP atau KP2KP dengan detail secara dan lengkap seorang pegawai KPP akan menerbitkan Bukti Penerimaan Surat.

Yang sudah anda lengkapi semua sesuai data-data prosedurnya yang sudah tertulis semua yang diatas semua.

Bagi yang ingin mendaftar silakan anda lengkapi agar anda semua mendapatkan no kartu NPWP dan no efin yang sudah ditentukan oleh pihak kementerian keuangan republik indonesia direktorat jendral pajak.

NPWP diperlukan berfungsi mengetahui identitas seseorang wajib pajak yang sebenarnya, untuk menjaga ketertiban pembayaran pajak dan pengawasan administrasi perpajakan indonesia.

Inilah Cara Membuat NPWP untuk Pengusaha UMKM cukup mudah untuk anda dapatkan semoga anda bisa mendaftarkanya yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. inilah sebagai refensi untuk mendapatkan tutorial cara membuat NPWP secara online dan mengetahui identitas perpajakan.

Mboton Business Technical Content Writer Menyukai dunia Technical IT Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi Majalah Dunia.
adbanner