10 Website Situs Lowongan Kerja Indonesia Terpercaya Terbaru
DigiLocker
DigiLocker

Bagaimana Cara Menyimpan Dokumen Mobil Anda di DigiLocker?

Bagaimana Cara Menyimpan Dokumen Mobil Anda di DigiLocker Sangat penting untuk membawa dokumen mobil Anda dan SIM Anda saat mengemudikan mobil Anda. Namun, tidak dapat memberikan dokumen yang valid saat mengemudi dapat mengundang hukuman.

Sayangnya, banyak orang menghadapi hukuman ini karena mereka lupa membawa salinan fisik SIM, STNK, dan dokumen penting lainnya saat mengemudikan mobil.

Kabar baiknya adalah dengan amandemen baru berdasarkan pasal 139 dari Undang-Undang Kendaraan Bermotor, Anda dapat menyimpan dokumen mobil penting dalam format digital.

Hal ini memungkinkan Anda untuk tidak repot membawa salinan fisik saat mengemudi dan menghindari hukuman.

Dengan bantuan aplikasi DigiLocker, Anda dapat menyimpan dokumen mobil Anda dalam format digital.

Juga, Anda dapat menyimpan dokumen kendaraan Anda ke dalam jenis file PDF. Bahkan jika file dokumen tertentu terlalu besar, Anda dapat kompres pdf online dari sumber gratis theonlineconverter.com dalam waktu singkat.

Apa itu DigiLocker?

DigiLocker, seperti namanya, adalah loker digital. Ini adalah inisiatif pemerintah untuk mengunggah dan menyimpan dokumen pindaian Anda dengan hanya memberikan nomor Kartu Aadhaar Anda. Dokumen-dokumen terkait mobil Anda yang dapat disimpan di DigiLocker adalah sebagai berikut.

Kartu Registrasi (RC) Mobil Anda: Ini membuktikan bahwa Anda dapat mengemudikan mobil yang bersangkutan secara legal.
Surat Izin Mengemudi Anda (DL): Ini membuktikan bahwa Anda diizinkan secara hukum untuk mengendarai mobil di India.
Dokumen Asuransi Mobil Anda: Sesuai Undang-Undang Kendaraan Bermotor, 1998, wajib memiliki setidaknya polis asuransi mobil pihak ketiga.
Sertifikat Pollution Under Control (PUC): Ini membuktikan bahwa gas yang dikeluarkan dari mobil Anda sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh otoritas terkait.

Dokumen di DigiLocker
Dokumen di DigiLocker

Bagaimana Mengunggah Dokumen di DigiLocker?

Berikut adalah proses langkah demi langkah untuk mengunggah dan menyimpan semua dokumen yang terkait dengan mobil Anda di DigiLocker.

Format pdf lebih aman Itu sebabnya Anda harus mengunggah dokumen Anda dalam bentuk pdf. Anda juga dapat kompres pdf online secara gratis untuk menghemat waktu pengunggahan.

Langkah 1

Unduh Aplikasi DigiLocker di Smartphone Anda Buka AppStore di ponsel iOS Anda atau PlayStore di ponsel Android Anda dan unduh aplikasi DigiLocker di ponsel Anda. Anda juga dapat mengaksesnya secara online melalui situs web resmi DigiLocker.

Langkah 2

Daftar Masukkan nomor ponsel Anda yang valid untuk mendaftar dan membuat akun DigiLocker.

Langkah 3

Verifikasi Nomor Ponsel Anda One-Time-Password (OTP) akan dibuat dan dikirim ke nomor ponsel Anda yang terdaftar.

Langkah 4

Buat Nama Pengguna Setelah divalidasi, Anda harus membuat nama pengguna dan kata sandi untuk akun Anda.

Langkah 5

Perbarui Nomor Kartu Aadhar Anda dan Verifikasi Daftarkan diri Anda dengan mengetikkan nomor kartu Aadhaar Anda di kotak yang ditentukan.

Sekali lagi, OTP akan dibuat dan dikirim ke nomor ponsel Anda yang terdaftar untuk otentikasi. Setelah selesai, kartu Aadhaar Anda akan segera ditampilkan.

Data pribadi Anda, seperti nama, tanggal lahir, alamat, dll., akan disimpan secara otomatis. Harap dicatat bahwa nomor ponsel Anda harus ditautkan dengan nomor kartu Aadhaar Anda.

Selain itu, detail di kartu Aadhaar Anda harus sama dengan detail di dokumen Anda yang lain, seperti Surat Izin Mengemudi Anda.

Langkah 6

Setelah Anda berhasil membuat akun DigiLocker, Anda dapat mulai menyimpan dokumen yang terkait dengan kendaraan Anda.

Anda dapat menggunakan jenis file pdf karena kompatibilitasnya dengan semua jenis sistem operasi juga dapat dibuka tanpa mengunduh aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi pihak ketiga seringkali tidak aman. Anda juga bisa kompres pdf online secara gratis sehingga Anda dapat berbagi file Anda dengan mudah tanpa banyak membuang waktu.

Langkah 7

Pilih Jenis dokumen Anda akan melihat tiga tab – Beranda, Dokumen yang Dikeluarkan, dan Jelajahi. Pertama, buka layar “Beranda” dan pilih agen penerbit dokumen; dalam hal ini Kementerian Perhubungan dan Jalan Raya.

Misalnya, jika Anda ingin mengunduh SIM Anda, Anda perlu mengklik “SIM”. Nama dan tanggal lahir Anda akan otomatis ditampilkan.

Kemudian, masukkan nomor SIM (DL) Anda, centang kotak pengakuan dan pilih opsi “Dapatkan Dokumen”. Informasi terkait DL Anda disimpan di database resmi Kementerian.

Oleh karena itu, setelah Anda memasukkan nomor DL Anda, DL Anda akan secara otomatis diambil dari database, seperti yang disebutkan sebelumnya.

Catatan: Namun, DigiLocker harus mengidentifikasi nomor lisensi Anda untuk menyimpan soft copy dokumen Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda telah memperbarui SIM Anda.

Langkah 8

Simpan Semua Dokumen Anda yang Relevan di DigiLockerAnda sekarang dapat melanjutkan untuk menyimpan dokumen mobil lainnya, seperti Kartu Pendaftaran, surat-surat Asuransi dan Sertifikat PUC.

Anda juga dapat menggunakan formulir pdf terkompresi untuk keamanan lebih dan menghemat waktu, Anda dapat kompres pdf online dari alat online dari sumber theonlineconverter.com dalam beberapa detik.

Pilih perusahaan asuransi Anda dan ikuti beberapa langkah sederhana untuk menyimpan dokumen asuransi di akun DigiLocker Anda.

  • Pilih “Perbankan dan Asuransi”
  • Pilih “Penanggung Anda”
  • Tekan pada opsi “Mobil“
  • Ketik nomor polis dan nomor ponsel Anda yang terdaftar
  • PDF kebijakan akan diambil dan disimpan di akun DigiLocker Anda
  • Untuk referensi di masa mendatang, Anda dapat memilih “Dokumen yang Diterbitkan” dan mengambil dokumen kebijakan Anda

Langkah 9

Otentikasi Dokumen Anda, Anda harus mengotentikasi Sertifikat Pendaftaran mobil dan SIM Anda dengan memberikan tanda tangan digital Anda. Itu juga dapat diverifikasi menggunakan kode QR.

DigiLocker memungkinkan Anda membuat folder terpisah untuk setiap mobil jika Anda memiliki lebih dari satu mobil. Dokumen di DigiLocker dianggap sama bagusnya dengan dokumen aslinya.

Oleh karena itu, penting untuk memperbarui semua dokumen Anda dengan nomor telepon dan id email Anda saat ini, sehingga semua perubahan dapat dilakukan segera, jika terjadi perubahan koordinat.

Juga, menyimpan dokumen kartu ke dalam file PDF lebih kompatibel seperti yang Anda bisa kompres pdf online tanpa membayar sepeser pun.

Kesimpulan

Di dunia sekarang ini, di mana hampir semuanya tersedia hanya dengan satu ketukan jari, masuk akal untuk mendigitalkan semua dokumen penting Anda dengan cara yang membantu kami mengambilnya langsung.

Anda juga dapat menggunakan file pdf untuk mengamankan data dan dokumen mobil Anda karena memungkinkan segala jenis pengeditan di dalamnya.

Juga, Anda dapat menggunakan alat kompres pdf online untuk mengompres file pdf Anda jika ukuran file besar.

Pentingnya menyimpan dokumen Anda di DigiLocker disebutkan di bawah ini.

  • Akses dokumen di mana saja dan kapan saja.
  • Tempat yang aman dan aman untuk menyimpan dokumen.
  • Simpan semua dokumen Anda di tempat yang terkonsolidasi.
  • Menghemat waktu dan dokumen.
  • Bebas repot karena Anda tidak perlu lagi membawa dokumen fisik.
  • Otentikasi surat-surat resmi menjadi mudah.

Author Mboton create writers Like Content creators, creators, composers, word generators Composing words by telling stories, telling stories to be creative.