Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Backup Data Website

Cara Backup Data Website

Data web merupakan informasi yang dikumpulkan dalam suatu folder atau platform seperti Blogger atau WordPress. Agar dapat ditemukan dengan mudah ketika diperlukan di kemudian hari nanti pada saat ada kesalahan, data harus disimpan sebaik mungkin dan dikelompokkan berdasarkan kategori masing-masing. Selain itu, kamu juga perlu melakukan backup data secara berkala demi menjaga keamanan data kita.


backup data bagi website kamu bostquee Jika kamu adalah seorang pemilik website dengan informasi penting seperti, katalog produk, atau media yang menurutmu penting.


Info Backup


Silakan simak dengan baik mohon di baca dengan teliti, Mboton Dev akan membahas beberapa kasus yang sudah terjadi sebelumnya backup data. cara backup data website hingga cara restore data ketika terjadi sesuatu yang tak diinginkan.


Backup Data Beberapa kasus berikut adalah hal-hal yang mungkin bisa menghilangkan datamu jika kamu tidak melakukan backup data di website. Oleh karena itu Mboton Dev kami sarankan agar tidak kehilangan data-data pada web kamu bostquee.

  • Website Down

    Ketika web mengalami down-time untuk sementara waktu demi pembaruan fitur, itu tidak masalah. Namun, yang menjadi masalah adalah data yang ternyata hilang setelah website kembali aktif. Alasan inilah yang membuatmu perlu melakukan backup data secara berkala, agar ketika data pada website hilang ketika mengalami down-time, kamu bisa memulihkannya seperti sediakala.

  • Kesalahan Error

    Pada saat edit template atau tema luput dari kesalahan. Beberapa hal yang mungkin dapat terjadi jika kamu tidak melakukan backup data adalah penghapusan data secara tidak sengaja ketika sedang mengutak-atik pengaturan website, atau kecerobohan ketika hendak membersihkan data tertentu. Oleh karena itulah kamu harus mengetahui cara backup data website dan lakukan backup secara berkala usakan backup dulu sebelum edit atau mengutak-atik website tersebut.

  • Web Kena Peretasan

    Meski menurutmu kamu sudah menyimpan data dengan aman di website tetapi, masih bisa diakses dengan mudah oleh para hacker. Ini juga merupakan salah satu alasan mengapa kamu sangat perlu backup data website ke tempat yang terjamin keamanannya. Kita bisa restore yang data kamu yang sudah di backup tersebut.

  • Terkena Serangan Cyber

    Serangan siber (cyber attack) Tidak peduli waktu dan tempat bisa terjadi kapan saja tanpa bisa diperkirakan. Mulai dari phising atau brute force (memcoba melakukan login berkali-kali) sehingga dimasukan virus terkenal seperti ransomware dapat terjadi pada webnya bostquee. Jadi, backup data adalah langkah tepat yang bisa kamu lakukan demi menjaga keamanan.


Cara Backup Data Website Cpanel


Setelah memahami yang Mboton Dev jelaskan masalah yang bisa terjadi pada data website bostque, apakah sekarang kawan-kawanku semua sudah mulai memahami seberapa pentingnya backup data website kita yang kita kelola? cara backup data pada website. Tapi sebelumnya, kamu perlu memiliki akses ke cPanel terlebih dulu, ya!


  1. Login ke halaman cPanel.

    Login Cpanel
    Login Cpanel

  2. Pada kolom Files, pilih Backup Wizard seperti pada gambar.

    menu cpanel
    Menu Cpanel

  3. Pilih Back Up saat hendak melakukan backup data dan jika ingin melakukan pemulihan, kamu bisa memilih menu Restore.

    steps backup wizard
    Steps 1 Backups

  4. Di halaman selanjutnya, klik pada Full Backup.

    steps 2 backup cpanel
    Steps 2 Backup Wizard
  5. Unduh hasil backup dengan mengklik tombol Generate Backup dan masukkan email yang kamu gunakan untuk menerima hasil backup dari website-mu.

    step bakcup cpanel
    Steps 3 Backups Wizard
  6. Tunggu hingga kamu menerima link backup di email yang tadi sudah kamu tulis.

    email Backup
    Check Email Backup
  7. Buka emailmu iya bostquee lalu klik link download yang digaris bawah berwarna merah seperti pada gambar.

    backup has completed download
    Backup Completed

  8. Setelah selesai mengunduh, kamu akan mendapat folder dengan format tar.gz inilah file yang bisa kamu gunakan untuk nantinya melakukan Restore di website-mu ketika mengklik Restore di langkah ke-3.

    tar gz
    File Backup

Setelah di backup kita bisa edit atau mengutak-atik file website kita dengan aman kalau ada kesalahan kita tinggal restore backupan kita tersebut. Terima kasih sekian begitu dulu penjelasan backup jangan lupa comment untuk bertanya tentang lainnya kawan-kawanku Mboton Dev.

Mboton
Mboton Spesialis pembuat Blogger sejak tahun 2013.

Post a Comment for "Cara Backup Data Website"